Toyota Penetrasi Pasar Pelumas Bagian 2

Sebelumnya, Toyota dan Pertamina sudah bekerja sama produksi pelumas sejak 1990. Kala itu diluncurkan Toyota Genuine Motor Oil (TGMO) kemudian disusul TMO di 2003. Lalu pada 2009, berubah nama jadi TMO Lubricant yang seluruhnya diproduksi di pabrik Pertamina. Pabrik Pertamina di Gresik ini mam pu memproduksi TMO Lubricant 150 drum oli per jam dan 600 oli dalam botol selama satu jam. “Kerjasama yang kami lakukan dengan Toyota ini jadi paling besar.

Formula mereka yang meracik serta dikontrol langsung oleh Toyota Jepang dan kami yang membuatnya,” jelas Andria Nusa, Direktur Pemasaran Pertamina Lubricants. Selain melihat proses produksi pelumas TMO, ka mi juga mengunjungi laboratorium untuk qua lity control. Di sini, sampel oli diperiksa apakah sudah sesuai standar Toyota atau belum.

Beragam pengecekan dilakukan seperti kekentalan oli pada suhu ekstrem, serta fungsi oli untuk mengurangi gesekan metal pada internal mesin dan lainnya. Widyawati menambahkan, dengan diproduksinya Oli Toyota di Pertamina menjadi bukti perusahaan lokal mampu menghasilkan produk sesuai standar bagi produk global Toyota. PT TAM pun optimistis dengan target penjualan TMO Lubricant yang dicanangkan 12,5 juta sampai akhir tahun ini.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *