Sebaiknya Anda perlu memeriksakan lahan tersebut ke dinas terkait, jangan sampai Anda kecewa nantinya. Kecuali memang Anda merencanakan lahan tersebut untuk taman. Dengan keterbatasan yang ada di atas tersebut, saya mencoba membuatkan denah sesederhana mungkin, namun cukup untuk memenuhi kebutuhan ruang Anda.

Baca juga : Jual Genset Balikpapan

LANTAI 1: SEMUA JADI SATU

Lantai 1 rumah Anda akan dilengkapi ruang keluarga dan ruang makan yang menjadi satu. Ruangan ini maksimum yang bisa didapatkan untuk sementara, karena terbatasnya ruang yang ada. Namun apabila Anda kelak jadi membeli lahan di sebelah, Anda dapat mengubah taman belakang menjadi ruang makan yang lebih luas dan nyaman. Ruang di atasnya dapat Anda jadikan sebagai ruang belajar anak-anak atau ruang kerja dan perpustakaan. Atau malah dapat Anda jadikan sebagai taman kering di atap (roof garden).

Dapur berada di bagian depan rumah, namun terhubung langsung dengan ruang makan dan ruang keluarga, untuk memudahkan aktivitas servis pembantu Anda. Ruang tidur utama saya letakkan di belakang, agar cukup jauh dari jalan depan rumah, untuk kenyamanan istirahat. Kelak Anda dapat menambahkan jendela ke arah taman samping, apabila Anda jadi membeli tanah di sebelah lahan Anda.

LANTAI 2: AREA YANG LEBIH PRIVASI

Di lantai 2 adalah tempat untuk kamar tidur anak-anak Anda. Saya harap andak-anak sudah cukup umur untuk mandiri di kamar masing-masing dan cukup terbiasa untuk naik dan turun tangga. Di lantai ini pula area servis berupa ruang tidur pembantu, kamar mandi, dan area cuci jemur berada. Dinding luar ruang jemur dibuat dari bata kerawang, yang akan membuat sirkulasi udara dan angin leluasa bergerak, untuk membantu proses pengeringan pakaian yang dijemur.

Area jemur dapat Anda tutup dengan atap transparan jika perlu, sehingga Anda atau pembantu tidak perlu repot mengangkat jemuran jika hujan turun. Untuk tampak rumah saya berikan desain rumah dusun kontemporer (contemporary country), semoga Anda menyukainya. Demikian semoga dapat menjadi ide dan inspirasi dalam membangun rumah Anda.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *