Pentingnya Asuransi Rumah

Banyak kejadian saat ini yang mengancam rumah yang Anda huni. Mulai dari banjir, kebakaran, gempa bumi, hingga pencurian. Kekhawatiran lantas muncul karena bencana kerap datang tanpa diduga. Rasa khawatir ini yang coba dijawab oleh beberapa perusahaan asuransi untuk mengeluarkan produk asuransi rumah. Produk ini akan meng-cover biaya perbaikan yang diakibatkan bencana tak terduga. Menurut Nia Arsiani, Marketing Communications Dept. PT Asuransi Central Asia, asuransi paling standar adalah asuransi kebakaran rumah. Asuransi ini telah mencakup 5 perlindungan terhadap hunian dan isinya. Perlindungan tersebut mencakup bencana kebakaran, sambaran petir, ledakan, kejatuhan pesawat, dan asap. “Lima perlindungan ini merupakan paling standar. Jadi selalu ada. Namun, nasabah juga bisa memperluas perlindungan dengan seperti perlindungan terhadap banjir, gempa bumi, badai. Paling hanya menambah nilai premi,” tutur Nia. Pilihan Paket Akbibat perbedaan kondisi dan lokasi tiap rumah, pilihan paket asuransi yang ditawarkan pun beragam. Anda bisa menentukan jenis perlindungan tambahan sesuai kebutuhan. Misalnya, gempa bumi, pencurian, asuransi barang elektronik, hingga terjadi kerusakan akibat kerusuhan dan penjarahan. “ Kalau di ACA ada ASRI, ASuransi Rumah Idaman, yang selain mengcover 5 perlindungan standar, juga meng-cover biaya pemindahan puing, jasa desain arsitek, pencurian dengan kekerasan, hingga penggantian pada pihak ketiga yang terkena dampak dari bencana. Misalnya, kebakaran rumah nasabah kemudian merambat ke rumah tetangga,” imbuh Nia. Paket asuransi juga berjenjang sesuai luas cakupan perlindungan. Bila Anda memilih asuransi rumah standar, dan menambahkan jenis perlindungan baru, maka akan ada penambahan nilai premi.

Nilai pertambahan premi berkisar 0,05%, bergantung pada jenis perlindungan. Namun, bila ingin lebih praktis, Anda bisa memilih jenis paket perlindungan sesuai kondisi rumah. Nilai Premi Pembayaran nilai premi dilakukan satu kali untuk masa 1 tahun, serupa dengan asuransi mobil. Namun, nilai persentase premi yang dibayarkan jauh lebih kecil dari premi asuransi mobil. “Jika di asuransi mobil berkisar 2-3% dari nilai mobil, kalau untuk asuransi standar kebakaran hanya 0,294/1000 (0,0294%), atau untuk asuransi rumah 0,88/1000 (0,088%),” tutur Nia. Jadi, bila nilai rumah Anda Rp 500 juta, maka premi yang harus bayarkan Rp 440.000/tahun. Nilai ini merupakan nilai kisaran terendah, belum termasuk perluasan perlindungan bila ada. Pembayaran ini pun tak akan dikembalikan pasca asuransi berjalan. Anda harus melakukan pembayaran ulang untuk masa perpanjangan. Angka premi ini tergolong kecil bila dibandingkan resiko bancana yang mungkin menimpa rumah Anda. Untuk lebih lengkap, berikut 6 poin penting seputar asuransi rumah.

  • 1Kriteria Rumah Anda bisa mengasuransikan bangunan, rumah, bahkan unit apartemen. Setelah pengajuan, pihak asuransi akan melakukan survei mengenai kelayakan rumah yang akan diasuransikan. Semakin rawan sebuah bangunan terkena dampak kecelakaan atau bencana, maka semakin besar pula premi yang harus dibayarkan. Beberapa lokasi bangunan yang cukup rawan misal berdekatan dengan SPBU, restoran, bengkel, atau sungai yang kerap banjir. Penilaian kelayakan bangunan juga dihitung berdasarkan jenis konstruksi bangunan. Pihak asuransi mensyaratkan bangunan harus kategori 1, atau 80% bangunan terdiri dari material yang tidak mudah terbakar.
  • Jumlah Premi Tiap penyedia jasa asuransi mempunyai nilai premi yang beda. Untuk asuransi standar yang mengcover 5 kejadian, angka premi berkisar 0,088% – 0,1% dari nilai bangunan. Sedangan untuk nilai premi untuk paket pelindungan lebih bervariasi sesuai cover yang diinginkan. Misalnya untuk paket gempa bumi mulai dari 0,110% hingga 0,20%. Nilai premi juga akan dipengaruhi oleh lokasi dan kondisi rumah, latar belakang bencana yang pernah melanda dan nilai pertanggungan yang diharapkan.
  • Macam Nasabah Tak hanya pemilik hunian yang dapat membeli asuransi rumah. Bagi Anda yang mempunyai status menyewa, Anda juga bisa membeli asuransi. Asuransi rumah bisa pilihan bagi Anda yang menyewa bangunan khususnya yang bertanggung jawab penuh terhadap rumah beserta isinya. Kerusakan yang diakibatkan kebakaran atau kejadian di luar kendali bisa di-cover oleh asuransi.
  • Asuransi Jiwa Pihak asuransi juga akan memberikan perlindungan jiwa terhadap penghui rumah. Total jumlah yang ditanggung oleh pihak asurasni adalah maksimal 5 orang. Apapbila penghuni yang terdaftar mengalami kecelakaan, sakit, atau meninggal dunia akibat bencana yang terdaftar, maka pihak asuransi akan memberikan biaya santunan. Besar biaya santunan mulai dari Rp 5 juta hingga Rp 20 juta per penghuni. Sedangan biaya pengobatan maksimal berkisar Rp 500 ribu – Rp 5 juta/orang/ pertahun. Besaran biaya berbeda sesuai premi yang dibayarkan.
  • Penurunan Nilai Barang Untuk perabot dalam rumah yang diasuransikan, bila terjadi kecelakaan, maka nilai yang ditanggung sama dengan nilai barang dalam kondisi baru. Jadi, tidak ada depresiasi atau penurunan nilai barang. Tapi, fasilitas ini hanya untuk paket asuransi rumah, bukan asuransi kebakaran rumah (standar). Agar proses penilaian barang paska terjadi bencana lebih lancar, sebaiknya Anda tetap menyimpan struk belanja perabot yang Anda beli. Jadi, bukti nilai barang yang diganti sama dengan nilai barang awal.
  • Renovasi dan Penambahan Barang Setiap biaya pertanggungan akibat bencana akan dihitung sesuai nilai taksir bangunan di awal pengajuan. Jadi, penambahan ruang, renovasi, atau pembelian perabot baru, sebaiknya segera dilaporkan. Tujuannya, biaya pertanggungan menyesuaikan dengan nilai bangunan terbaru. Bila niai pertambahan perabot rumah tidak melebihi dari 20% dari nilai awal, asuransi akan menyesuaikan. Namun, fasilitas ini hanya diperuntukan untuk paket asuransi dengan premi lebih tinggi.
  • Oh ya untuk bencana alam ringan yang mengakibatkan pemadaman listrik yang lama, asuransi ini juga telah menyediakan genset untuk rumah yang di asuransi dengan membelinya dari supplier jual genset jakarta yang bergaransi resmi

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *