Generasi Baru Dari Atom,Celeron Dan Pentium

Melalui jajaran prosesor entry-level untuk mobile yang diperbarui, Intel hadirkan perangkat berkualitas, terjangkau, dan bervariasi. Tren dan kebiasaan yang terjadi di industri IT, tepatnya bagaimana cara orang beraktivitas dengan perangkat IT mengalami perubahan dalam kurun waktu lima hingga sepuluh tahun terakhir.

Sumber : Gigapurbalingga

Kehadiran desktop PC yang tadinya ada di hampir setiap rumah dan menjadi salah satu perangkat universal untuk berbagai kebutuhan digital, perlahan tapi pasti sudah mulai menghilang. Sementara notebook pada saat itu masih menjadi komoditi eksklusif dimana hanya orang-orang tertentu saja yang bisa memilikinya. Pasalnya, harga notebook tergolong tinggi, sementara kemampuannya juga masih jauh berada di bawah level desktop PC. Seiring dengan teknologi mobile yang terus berkembang, mobilitas manusia juga menjadi semakin padat.

Hal inilah yang pada akhirnya memunculkan notebook sebagai perangkat PC yang paling banyak digunakan. Bahkan, hal ini juga terjadi pada perangkat smartphone dan tablet, tak terkecuali produk-produk yang menggunakan prosesor Intel. Bisa dikatakan, 80% notebook atau PC yang ada di dunia menggunakan prosesor Intel di dalamnya, terutama pada PC high-end. Namun kini, konsentrasi Intel tak hanya pada kelas high-end saja, karena dalam waktu dua tahun terakhir, Intel membuat banyak gebrakan, antara lain dengan meluncurkan prosesor untuk smartphone dan tablet serta aktif memperbarui jajaran prosesor notebook entry-level mereka.

Perangkat murah berkualitas Melalui keluarga prosesor mobile terbaru yang diciptakan untuk kelas entry-level dan mainstream (dikenal dengan nama Bay Trail), Intel menunjukkan perhatian dan keseriusannya dalam menghadirkan perangkat-perangkat mobile berkualitas dengan harga yang lebih terjangkau. Sejauh ini, pengguna PC di tanah air lebih me ngenal prosesor Intel Core Series dibanding Intel Atom, Celeron, atau bahkan Pentium. Tak mengherankan memang, karena Intel Core Series memiliki performa yang sampai saat ini belum bisa ditandingi, baik pada desktop PC maupun notebook.

Namun jangan salah, lini produk Intel Atom, Celeron, dan Pentium kini sudah mengalami peningkatan pesat sehingga juga bisa diandalkan untuk berbagai kebutuhan komputasi saat ini. Lebih pintar, efisien, dan bervariasi Apa yang menarik dan istimewa dari prosesor Intel Bay Trail Intel Bay Trail memiliki varian yang sangat lengkap untuk perangkat entry-level terjangkau. Khusus untuk tab let dan perangkat 2-in-1, Intel memiliki Bay Trail-T melalui jajaran prosesor Intel Atom generasi baru. De ngan pembaruan teknologi di dalamnya, Intel Atom kini hadir dengan fabrikasi 22nm, konsumsi daya sangat rendah (SDP 2 watt), hingga dukungan quad-core dengan kecepatan clock tinggi. Prosesor ini sudah tersedia pada platform tablet dan 2-in-1 saat ini.

Untuk kelas notebook, Intel menghadirkan Bay Trail-M melalui jajaran prosesor Intel Celeron dan Pentium. Sama seperti Intel Atom (Bay Trail-T), generasi baru dari Intel Celeron dan Pentium ini juga menggunakan fabrikasi 22nm, membuat suhunya tetap aman terjaga, bahkan dengan sistem pendingin tanpa kipas, sehingga tidak menimbulkan suara bising. Sementara kebutuhan dayanya yang kecil (TDP 7,5 watt) membuat baterainya bisa tahan lebih lama dari generasi Intel Celeron dan Pentium sebelumnya. Jajaran produk yang menggunakan prosesor ini juga bervariasi, mulai dari notebook biasa, notebook dengan layar sentuh, hingga perangkat 2-in-1.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *