Sesuaikan Luas dengan Aktivitas

Tak ada batasan aktivitas yang bisa dilakukan di ruang tidur karena penghunilah yang menentukan. Semakin banyak tuntutan aktivitas yang dilakukan di ruang tidur, semakin besar pula kebutuhan ruangnya. Idealnya, ruang tidur hanya digunakan untuk istirahat dan relaksasi, sehingga tak membutuhkan area yang terlalu besar. Ranjang, lemari pakaian, meja dan kursi, serta sebuah area santai kecil, adalah fasilitas minimal untuk menciptakan ruang tidur ideal.

Baca juga : Distributor Genset 300 Kva di Makassar

Jangan Lupakan Ventilasi

Bukaan di kamar tidur, seperti jendela, kisi-kisi, jalusi, atau pintu, memberikan beberapa kelebihan bagi ruangan, yaitu: menghilangkan pengap dan lembap, mengendalikan suhu, serta menghadirkan cahaya dan hawa alami. Ciptakan ruang tidur yang sehat dengan menghadirkan ventilasi yang baik. Cahaya matahari dan udara yang masuk ke dalam ruangan akan menyehatkan ruang tidur dan membunuh mikroorganisme.

Pilih Kasur Ideal

Memilih kasur yang sehat dan berkualitas adalah investasi yang baik, karena usia kasur yang baik umumnya cukup lama, yaitu 10 tahun. Manfaat kasur yang ideal bisa membuat tubuh menjadi lebih baik karena membuat tidur nyenyak. Saat hendak membeli kasur, cobalah tidur terlentang dan selipkan tangan ke punggung. Kasur yang baik tak boleh menyisakan jarak antara tulang belakang dan kasur. Lakukan perawatan kasur dengan menghindarinya dari paparan langsung sinar matahari.

Kurangi Peralatan Elektronik

Sebagai tempat untuk beristirahat, ruang tidur ideal harus bebas dari beragam peralatan elektronik yang dapat mengganggu aktivitas tidur. Misalnya, meletakkan televisi di kamar tidur dapat mengurangi jam tidur, yang berakibat pada menurunnya performa diri saat terjaga. Agar aktivitas tidur dapat lebih optimal, hindari meletakkan televisi di kamar tidur dan matikan ponsel sebelum Anda tidur. Tindakan preventif ini juga akan menghindarkan Anda dari paparan polusi gelombang elektromagnetik.

Tambahkan Penghiauan

Penelitian mengatakan, memandangi tanaman hidup dapat memberikan efek menyembuhkan bagi tubuh. Warna hijau mempunyai efek relaksasi yang menyegarkan penglihatan. Hal positif ini dapat Anda manfaatkan untuk mengisi ruang tidur. Jika Anda penyuka tanaman, hiasi meja kerja atau sudut jendela dengan pot cantik berisi tanaman hias favorit.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *